KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Puji syukur al-hamdulillah kehadlirat Allah Swt., yang menciptakan, mengatur dan menguasai
seluruh makhluk di dunia dan akhirat. Semoga kita senantiasa mendapatkan
limpahan rahmat dan ridha-Nya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan
kepada Rasulullah Muhammad Saw., beserta keluarganya yang telah membimbing
manusia untuk meniti jalan lurus menuju kejayaan dan kemuliaan.
Fungsi pendidikan agama Islam untuk membentuk manusia Indonesia
yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan
mampu menjaga kedamaian dan kerukunan hubungan inter dan antar umat beragama,
dan ditujukan untuk berkembangnya kemampuan peserta didik dalam memahami,
menghayati, dan mengamalkan nilainilai agama yang menyerasikan penguasaannya
dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
Untuk merespons beragam kebutuhan masyarakat modern, seluruh
elemen dan komponen bangsa harus menyiapkan generasi masa depan yang tangguh
melalui beragam ikhtiyar komprehensif. Hal ini dilakukan agar seluruh potensi
generasi dapat tumbuh kembang menjadi hamba Allah yang dengan karakteristik
beragama secara baik, memiliki cita rasa religiusitas, mampu memancarkan
kedamaian dalam totalitas kehidupannya. Aktivitas beragama bukan hanya yang berkaitan
dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga
aktivitas yang tidak tampak yang terjadi dalam diri seseorang dalam beragam
dimensinya.
Sebagai ajaran yang sempurna dan fungsional, agama Islam harus
diajarkan dan diamalkan dalam kehidupan nyata, sehingga akan menjamin
terciptanya kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karenanya, untuk mengoptimalkan layanan
pendidikan Islam di Madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu
dikemas menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linear akan dipelajari
menurut jenjangnya.
Pengemasan ajaran Islam
dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan
Madrasah dikelompokkan sebagai berikut; diajarkan mulai jenjang
Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Peminatan Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu-ilmu Bahasa dan Budaya, serta
Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi; a) Al-Qur’an-Hadis b) Akidah Akhlak c)
Fikih d) Sejarah Kebudayaan Islam. Pada jenjang Madrasah Aliyah Peminatan
Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a)
Tafsir-Ilmu Tafsir b) Hadis-Ilmu Hadis c) Fikih-Ushul Fikih d) Ilmu Kalam dan
e) Akhlak. Untuk mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan
keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
(SKI) dan Bahasa Arab.
Sebagai panduan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di Madrasah,
Kementerian Agama RI telah menyiapkan model Silabus Pembelajaran PAI di
Madrasah dan menerbitkan BukuPegangan Siswa dan Buku Pedoman Guru. Kehadiran
buku bagi siswa ataupun guru menjadi kebutuhan pokok dalam menerapkan Kurikulum
2013 di Madrasah. Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, mālā yatimmu al-wājibu
illā bihī fahuwa wājibun, (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi
pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Atau menurut kaidah
Ushul Fikih lainnya, yaitu al-amru bi asy-syai’i amrun bi wasāilihī (perintah untuk
melakukan sesuatu berarti juga perintah untuk menyediakan sarananya).
Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk
menyedikan sarana pendukungnya, salah satu diantaranya Buku Ajar. Karena itu,
Buku Pedoman Guru dan Buku Pegangan Siswa ini disusun dengan Pendekatan
Saintifik, yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Keberadaan Buku Ajar dalam penerapan
Kurikulum 2013 di Madrasah menjadi sangat penting dan menentukan, karena dengan
Buku Ajar, siswa ataupun guru dapat menggali nilai-nilai secara mandiri,
mencari dan menemukan inspirasi, aspirasi, motivasi, atau bahkan dengan buku
akan dapat menumbuhkan semangat berinovasi dan berkreasi yang bermanfaat bagi
masa depan.
Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan cetakan pertama,
tentu masih terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu sangat terbuka
untuk terus-menerus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Kami berharap kepada
berbagai pihak untuk memberikan saran, masukan dan kritik konstruktif untuk
perbaikan dan penyempurnaan di masa-masa yang akan datang. Atas perhatian,
kepedulian, kontribusi, bantuan dan budi baik dari semua pihak yang terlibat
dalam penyusunan dan penerbitan buku-buku ini, kami mengucapkan terima kasih. Jazākumullah Khairan
Kasīran.
Jakarta,
02 April 2014
Direktur
Jenderal Pendidikan Islam
Nur Sya
BAGI YANG BUTUH BUKU FIQIH KELAS 7 SILAHKAN DOWNLOAD DISINI!
ATAU BUKU SISWA FIQIH PERBAB SILAHKAN DOWNLOAD DIBAWAH INI ! :
Bab 1 Thaharah kelas 7, Download
Bab 2 Shalat Fardlu kelas 7, Download
Bab 3 Shalat Berjama'ah Kelas 7, Download
Bab 4 Dzikir dan Doa Kelas 7, Download
Bab 5 Shalat Jum'at Kelas 7, Download
Bab 6 Shalat Jamak Kelas 7, Download
Bab 7 Shalat Sunnah Kelas 7, Download
BAGI YANG BUTUH BUKU FIQIH KELAS 8 SILAHKAN DOWNLOAD DISINI!
Bab 1 Sujud kelas 8, Download
Bab 2 Puasa kelas 8, Download
Bab 3 Zakat kelas 8, Download
Bab 4 Shadaqah kelas 8, Download
Bab 5 Haji dan Umrah Kelas 8, Download
Bab 6 Makanan dan minuman Kelas 8, Download
BAGI YANG BUTUH BUKU FIQIH KELAS 9 SILAHKAN DOWNLOAD DISINI!
Bab 1 Qurban dan Aqiqah kelas 9, Download
Bab 2 Jual Beli, Qiradl dan Riba kelas 9, Download
Bab 3 Pinjam Meminjam, Piutang dan Gadai kelas 9, Download
Bab 4 Pengurusan Jenazah dan Harta Waris kelas 9, Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar